Senin, 21 Mei 2012

Yang Tak Terduga #31harimenulis

Pernah nggak sih kalian kasian sama orang nggak terduga?

     Sebagai manusia pasti pada dasarnya punya sifat kemanusiaan *yaiyalah*. Nah, kadang atau mungkin seringkali kita ngeliat orang bikin kita ngerasa kasian, miris, bahkan sampe hampir nangis. Serius. Misal yaa, ada bapak - bapak, ibu - ibu, kakek - kakek , atau nenek - nenek di jalanan entah itu pemulung, orang minta - minta atau jualan. Memang banyak yang seperti itu, tapi beberapa di antaranya pasti ada yang mukanya kasiaan banget dan kalo kita liatin terus hawanya pengen nangis. Kalo orang minta - minta hawanya pengen ngasih, tapi melihat kocek kita yang masih nggak seberapa ngasihnya pun juga belum bisa seberapa, hanya bisa membantu sedikit lah istilahnya. Terus kalo liat tukang parkir atau pekerja - pekerja lain yang  keliatan giaat banget sama pekerjaannya sampe keringetnya mengucur - ngucur gitu, apalagi orangnya baik dan nggak menyebalkan, ngeliatnya lebih kasian lagi, soalnya mereka uda berusaha giat dan rajin tapi hasil yang mereka dapet itu kurang ... Rasanya kayak pengen ngasih lebih, tapi lagi - lagi nggak selamanya juga kita ada uang lebih. Contoh lainnya lagi, ada penjual di pinggir jalan, orangnya baik atau udah tua, rasanya kayak pengen beli sebanyak - banyaknya gara - gara kasian, tapi sekali lagi apa yang kita punya juga terbatas. Jadi tuh rasanya gimana yaa, kasiaan tapi nggak tau harus ngapain dan ngerasa nggak bisa berbuat banyak. Cuma bisa berharap aja, di antara orang - orang yang bekerja giat itu (bukan yang males-malesan lho) , apalagi yang orangnya baik - baik, suatu saat nanti tapi jangan kelamaan juga.. keadaannya bisa lebih baik. Amin. Gitu lah kira - kira..

     Sebenernya tadi itu masih awalan aja. Seriiuuuuuusss?? Panjang amaaatt.
Yang aku pengen omongin ya itu tadi, pernah nggak sih kalian kasian sama orang nggak terduga? Dua kali aku ngerasain hal yang sama. Yaituuu ... kasian sama guru killer yang banyak disebelin dan nggak disukai sama banyak orang. Bukannya sok baik, sok berhati lembut, sok berhati hello kitty, atau gimana, tapi emang begitulah yang aku rasain.

     Guru killer biasanya terkenal tegesnya, galaknya, menyebalkan, dan bla bla bla, mungkin kayak pembunuh yang sadis kali ya sampe namanya killer. Padahal sebenernya nggak selamanya dia semenyebalkan itu, mungkin dia punya alesan sendiri entah apa itu namanya yang menyebabkan image dia terlihat killer.

     Contoh pertama, guru Fisika SMAku sebut saja namanya Nono. Pak Nono ini emang bisa dibilang teges, tapi menurutku dalem beberapa hal doang. Kalo lagi ngajar itu tempo suaranya agak lambat dan jujur aja kurang bikin mudeng. Tapi emang sebenernya cara ngomongnya dia emang kayak gitu. Guru ini banyak nggak disukain murid - murid soalnya suka tiba - tiba nunjuk suruh maju, cara ngomongnya agak sengak, sama apa lagi gitu aku lupa. Aku sendiri juga bukan murid baik - baik yang selalu merhatiin dan selalu mudeng ngerjain tugas - tugas apalagi semacam Fisika itu. Aku juga bukan murid yang nggak pernah ngomongin guru itu, tapiii lama kelamaan, apalagi setelah menyadari mukanya kasian, bikin miris dan bikin nangis, hawanya kalo ngomongin guru itu lama - lama bisa nangis dan itu memang pernah terjadi. Lama - lama setelah lebih mengenalnya *ceilah , terbukti kalo dia sebenernya baik dan nggak sekiller itu kok. Apalagi aku dapet guru itu waktu kelas 3, dia sering ngasih semangat ke kita, pernah aku sama temenku tanya - tanya dia secara langsung, dia mau dan walaupun kitanya nggak mudeng - mudeng dia masih mauu aja buat ngejelasin, bahkan ngejelasinnya kayak ke anaknya sendiri sampe dipuk - puk kayak anaknya sendiri. Dibalik ke-killer-annya, sebenernya dia baik juga. Pokoknya jangan sering - sering liat mukanya deh, bukannya nyeremin tapi bikin miris. Salam hormat dari murid - muridmu Pak!

     Contoh kedua, dosen di komunikasi yang ngajar beberapa matakuliah, emm sebut saja namanya Pak Bori. Dari awal jadi mahasiswa baru (maba), kakak tingkat kayak udah mewanti - wanti kalo dosen itu killer. Sosoknya itu emang udah bapak - bapak dan emang ada yang bikin pada nggak suka yaitu ngasih nilainya random banget. Mukanya emang ada seremnya, tapi banyakan kasiannya. Pokoknya sejenis sama guru yang aku sebutin pertama tadi. Bahkan selain para mahasiswanya nggak suka, dosen - dosen lainnya juga kayak suka nyindir dia. Aku nggak tau pasti sih alesan dosen - dosen lainnya kenapa, tapi mereka kayak nggak suka aja gitu. Tapi coba ya kalo diperhatiin dan diliat dari positifnya, dia itu termasuk satu - satunya dosen yang rajin dateng, rajin ngajar, setiap pertemuan materi yang dia kasih selalu runtut dan teratur. Pokoknya sistematis. Dia juga jarang pake asdos dan jarang nggak masuknya. Terus yaa yang paling bikin seneng, dia jarang ngasih tugas, MUAHAHA.. waktu semester I sih itu tapi. Tapinya lagi, dia ngasih nilanya random -__-
       
      Yang paling bikin aku ngerasa kasian dan pengen nangis itu adalah udah beberapa kali aku ngeliat dia makan di kantin sendirian. Beda sama dosen - dosen lain yang gampang gabung dan supel sama mahasiswa,yang ini nggak. Mungkin karena faktor usia yang udah agak beda persepsinya sama kita. Aaaa nyesek beneran. Coba ya bayangin, kamu ngeliat dia duduk sendirian sambil makan, melihat sekitar celingak - celinguk tanpa teman berbincang. Walaupun udah selesai makan dia masih duduk dan juga masih aja ... sendirian. Aku nggak tau sih alesan sebenernya dia makan sendirian kenapa, tapi kalo diliat dia kayak nggak punya temen dan mahasiswa pun kayak takut buat mendekat. Jujur aja, aku sama temen - temenku pernah berniat buat nimbrung dan duduk bareng dia, tapi kita takut dikira carmuk sama dosen, padahal beneran kita niatnya cuma pengen nemenin dan ngajak ngobrol aja. Kapan - kapan pokoknya aku pengen nyoba ngobrol - ngobrol sama dia, siapa tahu sebenernya Pak Bori ini orangnya asik diajak ngobrol, apalagi statusnya sebagai dosen, wawasannya nggak diragukan lah.
Semoga suatu saat aku lihat Pak Bori di kantin nggak sendirian dengan muka nggak kasian ...

     Yaa, intinya cuma mau bilang jangan gampang benci atau nggak suka sama orang, sekalipun orang itu udah tercap killer. Sifat yang terlihat di permukaan belum tentu mencerminkan sifat dia secara keseluruhan. Kita nggak akan tahu sisi baik dari orang itu kalo dari awal kita udah terlanjur mencap buruk orang tersebut. Sekali lagi, Don't Judge a Book by Its Cover ... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar