Rabu, 22 Desember 2010

Pelajaran Hidup #4

Hari keempat, 16 Desember 2010. Ini hari terakhir kita sosial care di Panti Karya Persinggahan Margo Widodo , T.T

Yak, di hari ini kita berusaha maksimal banget. Kita pengen hari ini jadi hari yang paling berkesan. Kita kerja maksimal hari ini, dari mandiin, senam pagi, sama nyiapin makan siang buat para kelayan. Nggak cuma itu, biar lebih berkesan lagi kita bikin acara game gitu. Simpel aja sih, yang penting menyenangkan.


Awalnya waktu kita usul bikin game ini ke anak - anak SMK 8, mereka sih nggak masalah, cuma mereka bilang , "Emang iso?". Kita juga pertamanya agak nggak yakin, makanya kita bikinnya yang simpel aja. Kalo nggak pernah dicoba, kapan kita tau. Alhasil, kita bikin lomba mecahin balon, mindahin sedotan sambil lari bolak - balik, masukin potongan - potongan sedotan ke benang, tebak - tebakan pake gambar buah - buahan sama binatang, trus yang trahir lomba nulis. Hadiahnya atas saran pegawainya sana permen aja, katanya mereka udah seneng banget dapet permen. Pertamanya gimana gitu, masa permen tok, tapi kebetulan budget kita juga minim, kelayannya juga banyak banget. Yaudah deh, yang penting mereka seneng.

Pagi - pagi, habis jalan pagi, kita niupin balon di ruangan kita (alat dan bahan udah kita siapin dari rumah) , habis itu motong - motong sedotan, sama nyiapin alat bahan yang lain. Pas udah siap, kita taro ke aula. Trus, para kelayan disuruh masuk ke dalem.

Kelayan dibagi dua antara yang aktif sama yang nggak aktif. Yang maen game ya yang aktif itu, yang pasif soalnya pasti nggak mau. Acara dibuka sama Irham, pokoknya bagian ngarah - ngarahin gitu si Irham.

Nggak disangka - sangka antusias mereka gede banget, :D . Pada semangat banget buat maju. Pertama mecahin balon, ya emang nggak langsung pada berhasil, kadang harus dibantu juga, tapi mereka berusaha banget buat bisa mecahinnya. Salut deh buat usahanya, >< . Ada satu ibu - ibu lucu banget, waktu mau mbledosin bilang , "Wedi aku" sambil tutup telinga gitu. Haha, ini nih fotonya.



Foto laen waktu mbledosin balon
kelayan yang ini naksir Lutep lo, hahaha

Karena semangat dari para kelayan, kita juga pada kebawa semangat gitu. Sampe heboooh banget nyuporterinya, dikit - dikit tepuk tangan sama teriak - teriak , tutup telinga (jelaas, mbledosin balon gitu) , dan kita seneng banget waktu pada berhasil mbledosin balon. Kita aja seneng, apalagi kelayannya. Aku seneng liat muka mereka yang ceria banget, sampe ketawa puas banget karena udah berhasil mbledosin balon, saking senengnya ada beberapa yang hampir lupa kalo dapet hadiah permen. Nggak kayak kata orang (aku lupa siapa), tuuuh kan mereka bukan cuma tertarik lomba karena iming - iming permen doang, buktinya sampe lupa buat minta permennya. Malah mereka udah ngrasa seneng banget waktu berhasil mbledosin balonnya. Ada kepuasan tersendiri lah. Keliatan banget dari mukanya. Pokoknya nyenengin banget ngliat muka mereka yang ceria banget.

Habis itu, lomba lari sambil mindahin sedotan gitu. Nggak kayak yang kita bayangin juga, mereka pada semangat lari buat cepet - cepetan mindahin sedotan sesuai warna yang udah diarahin. Sebenernya menang kalah dapet permen semua sih, tapi mereka tetep semangat buat cepet - cepetan mindahin sedotan. Tentu aja, kita selalu heboh buat nyuporteri mereka, >< .

waktu diarahin
curi - curi kesempatan, haha
waktu lari (makanya rada mblawur)

waktu lomba mindah sedotan

Habis lomba lari, lomba masukin potongan sedotan ke benang, nebak gambar, sama lomba nulis. Mereka ternyata bisa kok, lomba selayaknya orang normal biasa. Malah aku ngrasa semangatnya mereka tu dapet banget. Usahanya tu ya, WOW (nggak bisa ngomong apa - apa). Kita aja sampe kebawa heboh dengan teriakan – teriakan  sama luapan semangat buat nyorakin mereka. Kita ikutan seneng, karena lihat muka mereka yang kelihatan antusias, seneng, sama ceria banget waktu berhasil nyelesein game nya. Mukanya pada seneng sama berseri – seri gitu. Kita jadi terharu dan nggak nyangka banget rencana game kita berhasil bikin mereka seneng dan nggak suwung, :)

Buat yang nggak ikutan lomba tetep kita bagi permen semua kok, biar nggak pada meri. Oya, lomba ini tujuannya selain buat bikin mereka seneng, juga buat ngelatih otak sama badan mereka buat kerja, kali aja minimal buat sejenak mereka bisa ngelupain stresnya.

Habis selesai game, kita perpisahan gitu sama para kelayan. Entah mereka mudeng atau nggak, paling nggak kita ngasih tanda kalo kita mau pamit. Kita juga foto - foto sama beberapa.


Habis itu pembagian snack sama makan siang. Pulangnya kita foto – foto dulu sama anak  anak SMK 8 sama salam – salaman tanda perpisahan. Kita  juga salam – salaman sama para pegawainya sana, trus foto bareng juga buat kenang – kenangan.
foto bareng anak SMK 8
foto bareng pegawai PKP Margo Widodo
 Ini foto waktu ngasih kenang - kenangan


Akhirnya kita selesai social care, T.T. Paling nggak hari ini kita udah puas banget berhasil bikin hari ini jadi hari yang paling berkesan dan udah bikin kelayan seneng. Kita juga seneng karena di sini kita belajar banyak banget dan mendapatkan pengalaman berharga yang  bakal susah buat dilupain. Banyak juga hikmah yang kita dapetin dari social care ini. 


Ini beberapa foto yang lain ..
skandal , :P
waktu mbagi snack






Ini Beta waktu nyiapin makan siang
Ini fotonya Nasrun, pacarnya Leila, huahaha
bukan pacar sebenernya, tapi Nasrun kayaknya naksir Leila, selamet ya

hobi banget ngajak kenalan orang
di ujung sana kayaknya Nasrun lagi nyanyi sambil bayangin Leila deh





Ada juga foto kelayan yang lagi hamil :o
oh bukan, ini foto teman kami (Lutep) yang lagi kurang kerjaan

Ini fotoku sama Rafi (anaknya tukang masak PKP Margo Widodo)
di hari terakhir ini aku baru nemu ada anak kecil, langsung deh SKSD, hehe.


Pelajaran Hidup #4
Jangan pernah ngeremehin orang, siapapun itu. Seorang psikotik sekalipun. Contohnya waktu kita mau ngadain lomba, kita nggak bakal tau dan nggak bakal pernah tau kalo kita  belum pernah nyoba buat bikinin mereka lomba. Buktinya mereka bisa dan antusias mereka malah gede banget. So, intinya jangan pernah ngeremehin orang.

 masih belum selesai  ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar