Senin, 20 Desember 2010

Pelajaran Hidup #2

Hari kedua, Selasa 14 Desember 2010. Hari ini, karena kita udah ijin sama pantinya buat bawa mobil, kita nggak pake transit dulu di RS Tugu. Jadi langsung ke pantinya. Pengennya sih masuk mobil semua, tapi Irham nggak mau, padahal udah kita paksa - paksa demi keamanan. Dianya nggak mau, soalnya enak katanya. Yaudah deh terserah. Hari ini paling nggak kita udah lebih siap daripada hari sebelumnya, kita berangkat dengan hati yang sudah tertata (ciye).

Kita nyampe pantinya kepagian nih. Daripada suwung, kita nyanyi - nyanyi aja sambil digitarin sama Irham. Pas udah jam 7, kita apel. Habis apel, kita ganti baju dan siap - siap ke atas buaaaaaat .... jeng - jeng ..
Mandiin Kelayan!

Siap nggak siap, disiap - siapin nih. Pertama kita nyiapin alat - alat mandi mereka. 



Habis itu acara mandiinnya mulai. Nggak mungkin dong fotonya tak masukin juga,hehe. Fyuuuh, untungnya hari ini sebagian besar yang mandi cewek. Udah gitu kita cuma tinggal ngasih odol sama shampo. Waktu kita minta ambilin sikat gigi ke salah satu kelayan , "Bu, sikate jupukke Bu" , dengan sigap ibunya langsung ngambilin sikat - sikatnya, trus dicuci dulu di ciduk. Seneng deh liatnya, soalnya jarang - jarang kita liat yang masih sadar sama resikan kayak gitu. Lain lagi yang ini, ini tentang salah satu mak - mak. Dia kan udah shamponan, eh malah dikasih shampo lagi sama anak SMK 8 soalnya nggak tau, karena sesuai insting habis shamponan habis itu sabunan, dipakelah shampo itu buat sabunan. Kita langsung bilang ,"Lho, mak kuwi shampone ojo nggo sabunan, tapi nggo shamponan" (kita sambil meragain cara shamponan) . haha, lucu deh liat muka maknya yang polos banget.

Selesei mandiin (ploong banget rasanya) kayak biasa senam pagi, habis itu lanjut senam kedua. Aku sama Beta semangat banget buat mimpin senam. Ada salah satu gerakan yang kata - kataku salah diprotes sama kelayannya. Jadi gerakannya kan ada kayak nekuk kaki gitu ke depan samping, Lah aku kan bilangnya ke depan, diprotes tu sama salah satu kelayan, "ke samping, bukan ke depan", haha, bagus - bagus berarti konek yang ini.

Habis itu kayak biasa jalan - jalan, waktu jalan - jalan aku liat sebagian besar jalan dengan ekspresi datar. Nggak liat jalan, becek tetep aja ditrobos. Yaa, maklum lah. Tapi beberapa aku liat ada yang masih milih jalan, kalo ada yang becek dia lewat jalan lain yang nggak becek. Awesome, :D . 

Habis itu pembagian obat, trus acara nonton TV, para kelayan disetelin lagu melayu gitu. Hampir semuanya nonton dengan ekspresi datar, -__-. Tapi ada satu yang joget - joget sendiri, namanya Agus* (disamarkan).


Waktu acara nonton TV ini, beberapa kelayan di interview sama anak - anak SMK 8. Aku ikut ndengerin. Aku lupa namanya siapa, tapi yang jelas dia stres gara - gara nggak lulus S2 jurusan bahasa daerah di IKIP. Buseeet, eman - eman banget lah, mau S2 lho! Kasiaaaan banget, T.T , katanya dia panas gara - gara stres trus dibawa kakaknya ke panti ini. Jahat banget .  Di sini aku jadi tau, psikotik bukan pilihan hidup mereka (jelas). Mereka juga mesti nggak mau kena psikotik kayak gini. Mereka juga pasti nggak ada keinginan untuk jadi psikotik. 
Ini foto kelayannya waktu diinterview, dia ditanya - tanyain sambil disuruh nulis..

Di saat - saat seperti ini, sempet - sempetnya Lutep malah ngeGym !! Ya ampun nggak tau waktu banget sih. Emang ada gym di sini?? haha nggak deeeng, dia cuma iseng make sepeda kayak buat gym gitu tapi yang udah rusak.
 muka sillynya Lutep

Habis acara nonton TV, dipilih beberapa kelayan yang masih aktif dan lumayan konek buat ikut acara kerohanian. Untuk kesekian kalinya, aku dibuat kagum lagi sama mereka. Waktu ditanyain rukun islam, beberapa masih apal jumlahnya brapa, bahkan waktu disuruh nyebutin mereka bisa, urut lagi. Kita langsung tepuk tangan heboh gitu, seneng banget liatnya karena beberapa masih apal. Malah ada kelayan yang usul pengen njawab rukun iman segala, keren kaaan. Habis itu, ustadznya nanyain bacaan syahadat, pada apal juga, :D. Trakhir pada disuruh mbaca bacaan sholat dari awal sampe salam. Pada apal juga beberapa . Subhanallah..

Habis itu, acara selanjutnya bagi snack sama makan siang. Harus rada ati - ati kalo jalan . Soalnya walaupun di setiap sel ada kamar mandinya, yang namanya juga psikotik beberapa ada yang nggak sadar buat pipis di kamar mandi. Jadi sembarangan deh. Yang kasian Leila ni, dia nggak liat kalo ada pipis di lantai, kepleset deh dia. Langsung buru - buru cuci tu anak.

Habis itu kita turun buat makan siang sama solat. Waktu solat, ada salah satu kelayan namanya Sujana  yang solat juga lho. plok plok plok. Tapi dia solatnya diulang - ulang gitu. Nggak apa deh, selamet buat usahanya !

Karena jam 2 masi lama , aku, Leila, Beta maen kertu sama 2 anak SMK 8 . Pas udah bosen, ganti nyanyi - nyanyi sambil digitarin sama Irham. Udah jam 2, eh malah hujan deres. Yaudah lanjut nyanyi - nyanyi lagi. Kalo nggak salah kita pulangnya jam 3an, udah nggak begitu deres ni, eh tapi malah deres lagi . Kita udah nggak sabar pulang, yaudah kita pulang menerobos hujan. DI jalan ternyata banjir sama banyak pohon tumbang, ngeri banget deh. Ada kecelakaan pula. Kita pokoknya berdoa trus sampe rumah.

Karena kondisi nggak bagus, kita nyuruh Irham buat jangan pulang dulu. Kesempatan tu si Irham buat berduaan sama *cetiiiiit* , haha. Pulangnya Irham nebengin cewek ini lho. Cekintirrr ..

Pelajaran Hidup #2
1. Kita semakin nggak takut sama orang gila.
2. Rasa iba, simpati, empati kita bener - bener diuji di sini.
3. Take it easy, daripada ngerasa berat buat ngejalanin tugas ini, dibawa santai sama dibuat gampang aja deh. Jadi kerasa gampang dan menyenangkan kalo dibawa santai.
4. Nggak semua psikotik udah nggak bisa mikir apa - apa, masih ada beberapa hal yang masih mereka ingat di luar kepala. Apalagi kegiatan, gerakan, atau bacaan yang udah jadi kegiatan sehari - hari mereka sebelum mereka psikotik. (Contoh: mandi,solat,dll)

seingetku itu aja, sekian.
  
to be continued ... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar