Selasa, 14 Desember 2010

Pandangan Pertama #0

Ih unyuuu banget ya judulnya, >< . Wait!! aku bukannya mau unyu - unyuan. Soalnya ini menyangkut hidup dan mati (nggak juga sih). Aku mau ngomongin tentang pandangan pertamaku terhadap tempat soscare ku .

Hmm, waktu masih sosialisasi sosial care, pertamanya aku seneng - seneng kelompoknya enak (yang lain juga sih). Kita berdoa semoga kita dapet panti yang baik - baik. Panti asuhan kek, panti jompo juga nggak apa. Panti asuhan enak, bisa maen sama anak kecil . Pengen banget malah soscare nya di panti asuhan, soalnya aku suka banget sama anak kecil, >< . Panti jompo juga nggak masalah, asal nggak suruh *nyebokin* . Orangtua gitu juga enak, kita malah bisa dicritain pengalaman hidupnya dia, trus dikasih petuah - petuah gitu kan enak banget. fine - fine aja. Tapi ternyataaaaa ... kita malah ditugasinnya di panti karya. Kita sih positif thinking aja. Kalo ditanyain temen - temen, "Panti karya tu apa sih?", Kita dengan santainya jawab "nggak mudeng juga, paling tempat buat mbikin karya - karya gitu". Dan saat itu, aku udah seneng dan mbayangin kita bakal mbikin karya - karya gitu, mungkin dari barang bekas. Mesti asyik banget ! Tapi nasib berkata lain, habis dijelasin sama Pak Fauzin ,seingetku kata - katanya "Nah ini yang harus ati - ati, panti karya isinya orang - orang cidukan, ada WTS, .." OhmyGod!!! kita langsung pada heboh dan shock berat! Langsung kebayang yang nggak - nggak dan takut banget. "ada gelandangan, fakir miskin, pengamen .." , hmm kalo yang ini oke - oke aja, "kalo beruntung, ada juga orang gila". Sumpah, shock berat !!. Nyantai banget coba bapaknya ngomong gitu. yaiyalah, beliau nggak bakal ngrasain. Intinya di sosialisasi hari itu kita udah shock banget, dari yang semangat banget pengen sosial care, jadi bener - bener nggak pengen. Tega banget sekolah, kalo kita sampe knapa - knapa , sekolah mau tanggung jawab??!!!

Rada lama habis itu, habis UAS segala macem, kita baru survey tempat hari Sabtu tanggal 11 Desember 2010. Kita rada tenang soalnya Hasna katanya udah tau tempatnya, habis rumah sakit tugu persis. oke, kita parkir aja di RS Tugu itu. Nggak taunya kita jalan nggak nemu - nemu, habis tanya segala macem dalam perjalanan kurang lebih udah 2 kilo, kita baru tau panti karya itu. Ternyata nama jelasnya Panti  Karya Persinggahan Mardi Widodo. Pertama, kita udah dibuat capek selama perjalanan (jalan dalam makna sebenarnya). Kedua, waktu kita masuk, kita nggak mudeng, kita tanya ke mbak - mbak dan dia bilang ,"panti karya? wah saya kurang tau, saya taunya ini tempat orang gila semua isinya". Astagfirullahal'adzim, cobaan kita berat banget !!! Kita yang udah capek, yang berusaha buat tetep semangat, langsung down seketika. Semuanya sampe pada speechless, lemes, stres, males, gemes, pengen ngremes - ngremes ! Pokoknya udah nggak bisa ngomong apa - apa lagi. Segala gejala orang shock berat pokoknya muncul semua. Pengen banget protes ke pihak sekolah, katanya "kalo beruntung ada orang gila". Tapi iniiii, orang gila semua. peliiisss yaa, "kita beruntung sekali". #Standing aplause.

Waktu kita naek ke atas , ternyata ada anak - anak SMK 8 yang magang di situ, lumayan deh ada temennya. Cuma lumayan. Trus kita pengen survey, keliling ditemenin anak SMK 8, sampe ruang isolasi (isinya orang - orang cacat), kita langsung disuguhin pemandangan ada eek di depan pintu. Kita tambah nggak bisa ngomong apa - apa. Kita agak berusaha menerima isinya orang gila, tapi yang bikin nggak terima kita juga suruh mandiin mereka. Apaa?? T.T , udah gitu setelah kita tau tempat mandinya di halaman gitu, Terbuka!  Nggak bisa dibayangin lagi. Kita udah shock berat! Pandangan pertama kita terhadap soscare kita "sangat buruk sekali" .
Yang pengen kita lakuin saat itu adalah protes ke sekolah, tapi udah telat banget soalnya udah mepet banget. Yang bisa kita lakuin saat itu pasrah , berusaha menerima, dan menghibur diri kita sendiri, semoga aja nggak seburuk yang kita pikirkan ! Bismillahirrahmanirrahim ...

to be continued ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar