Sabtu, 18 Desember 2010

Pelajaran Hidup #1

Pertama, aku cuma mau bilang kalo aku bakal crita tentang soscare ini sejujurnya dan blak - blakan.

Hari pertama, Senin, 13 Desember 2010. Kita brangkat dengan aras - arasen. udah nggak mood rasanya, nggak ada smangat - smangatnya sama sekali. Nggak bisa bayangin apa yang bakal kita lakuin hari ini. Rasanya masih mangkel banget sama sekolah yang tega banget naro kita di panti karya ini. Walaupun nggak semangat kita tetep berusaha untuk disiplin dan dateng ontime. Karena nggak mau telat dan takut macet (daerah Tugu emang rawan macet), Kita ngumpul di smaga jam 6. Karena pada nggak mau telat, dan takut telat semua, yang naek mobilnya Lutep duluan, Irham sama Leila disuruh nyusul. trus kita ketemu di RS Tugu dan brangkat bareng ke panti naek angkot. Ribet ya ... Emang dibuat ribet ni sama sekolah. Pokoknya nggak boleh bawa mobil, takutnya kesenjangan sosial apa apa gitu. Tapi dibolehin asal jangan parkir di panti nya. hmm, oke. Untung masi dibolehin. Kalo nggak boleh tega banget, masa udah dapetnya panti orang gila, daerah Tugu yang jalur luar kota, banyak truk sama bis gede yang bikin spot jantung, tambah nggak boleh naek mobil yang sebagian besar kelompok kita isinya cewek semua (5 cewek, 2 cowok).


Di sela - sela perjalanan, waktu Irham kita suruh nyusul dan ngikutin kita, Beta punya ide buat kata - kata smsnya "Jika anda beruntung, anda akan menemukan mobil kami", hahaha, seenggaknya mood kita agak naek. Di jalan kita juga nyemangat - nyemangatin diri sendiri pake nyanyi - nyanyi "gila - gilaan bersama teman - teman", liriknya diganti "gila beneran bersama orang gila". kenyataan sih..

Pas sampe RS Tugu, aku telpon Leila buat ngecek dia sampe mana, ternyata dia udah hampir sampe, di sela - sela telpon, Leila triak "Haaaaa ....". Wah rada panik, Leila knapa ni, jangan - jangan jatuh. Habis clingak - clinguk ternyata Leila lagi posisi ngawe - ngawe tanda nemuin kita. Walaah, ternyata dia triak heboh gara - gara udah liat kita. ckck. -__-

Sesampainya di sana, kita udah disambut sama salah satu orang gila di depan gerbang. Udah gitu ternyata orang gila lainnya pada dilepas di halaman, dibebasin gitu. Kita rada was - was. Irham yang belum tau sama sekali langsung shock berat, kayak shock nya kita pertama kali, dia yang pethakilan jadi diam sejenak, speechless gitu. Jadi pas survey tu dia nggak ikut, dan kita sengaja nggak ngasih tau biar dia shock nya sama kayak kita,wkwk. nggak jahat kan?.

Habis itu kita masuk ke ruang buat tempat kita naro tas, meja sedemikian rupa, jadi kita kayak guru PPL gitu. Masuk ruangan, kita kenalan sama anak - anak SMK 8 yang jumlahnya 20an lebih(1 cowok, sisanya cewek semua), untungnya beberapa dari mereka ramah - ramah. Setidaknya kita lebih tenang dan bisa minta bantuan mereka buat soscare kita kali ini. Nggak butuh waktu lama, kita langsung lumayan akrab gitu aja.

Kurang lebih jam 7, upacara dimulai. Upacaranya dinamain Upacara Luar Biasa. Upacara di sini nggak ada ceramahnya sama sekali, jadi nggak kelamaan. Di sini para kelayan (istilah pasien di sana) juga ikut upacara. Jadi yang ikut upacara kita dari SMA 3, SMK 8, para pegawai, sama para kelayan. Selesai upacara, kita disuruh naik ke atas buat mandiin para psikotik (ternyata di sini istilahnya bukan gila). OhMyGod , ini nih yang kita bener - bener takut dan nggak siap.

Sumpah, kita semua bener – bener nggak siap buat mandiin kelayan – kelayan itu. Apalagi tempat kita mandiin, cewek cowoknya ternyata dicampur! Oh nooo.. Dan bisa dipastiin semua kelayan telanjang. Udah gitu, mandinya di tempat terbuka gitu. Kita bener – bener nggak biasa lihat pemandangan ratusan orang buka baju dan telanjang seenaknya di sekitar kita. Karena kita masih shock berat, kita belum bisa bantu apa – apa. hehe, sori yaa .. Kita lihat dulu cara mereka mandiin buat evaluasi. Memang mereka itu psikotik, dan telanjang buat mereka itu bener – bener lumrah dan nggak masalah, wajar gitu lah. Mereka pasti udah terbiasa dan merasa biasa saja. Tapi tidak untuk kita!

Kita liat cara mereka mandiin, Untungnya mereka ternyata bisa mandi sendiri. Tapi paling nggak kadang harus diarahin. Tapi ada juga yang harus dimandiin karena udah tua ato rada cacat. Buat yang udah bisa mandi sendiri, tinggal kita kasih odol ke sikat yang mereka pake bergantian, sama ngasih shampo ke tangan mereka masing - masing. Di sini aku liat kalo mereka tetep bisa mandi sendiri mungkin karena insting. Mandi udah kegiatan sehari - hari yang mereka lakuin sebelum psikotik, jadi nggak bakal lupa. Ada juga yang masi punya malu, *daleman*nya masi dipake karena malu diliat banyak orang. Ada juga yang masih punya kesadaran buat nyuci barang mereka masing - masing. Terutama ibu - ibu.Yaa , tapi nggak semua sih. Di situ, aku ngrasa kagum karena masih ada beberapa kegiatan normal yang nggak mereka lupa.

Beda sama yang cewek - cewek, Lutep sama Irham malah udah mulai mandiin, mereka malah seneng mandiin. Seru katanya. hahaha.

Selesai mandiin, kegiatan rutinnya senam pagi di deket tempat mandi itu, dipimpin pegawai dari sana. Sekedarnya aja sih, kayak pemanasan biasa. Habis itu kita turun buat senam yang kedua, kali ini anak SMK-nya yang mimpin senam. Caranya juga kayak pemanasan biasa. Kita masih evaluasi juga sambil liat cara mereka mimpin senam. Di antara kelayan itu ada yang respon ngikutin beneran, ada yang berusaha ngikutin tapi nggak sesuai gerakannya, tapi ada juga yang malah ndomblong atau mesam mesem dewe, Haha lucu deh liatnya, tapi maklum lah.

Selesai senam kegiatannya jalan – jalan. Jalan – jalannya keliling  kantor. Mereka semangat banget buat jalan – jalan. Skali lagi, aku kagum sama semangatnya mereka. Habis itu, pembagian obat. Selesai pembagian obat, kegiatan di aula, nyanyi – nyanyi gitu, sama kayak waktu senam ada yang aktif ikut nyanyi – nyanyi tapi ada juga yang pasif diem aja, kadang malah asik atau sibuk dewe. Aku kagum banget sama beberapa yang aktif, semangat banget dan masih hafal lirik lagunya. Ada juga yang nggak apal tapi semangat buat tepuk - tepuk. Kita jadi kebawa semangat juga trus kita ikut nyanyi – nyanyi pake gerakan gitu. Yang aktif ,ngikutin gerakan kita juga. Salah satu yang kita nyanyiin pake gerakan tu lagu potong bebek angsa.

Selesai itu, nunggu beberapa waktu, waktunya mbagi snack. Snack kali ini bubur. Kita ikut mbagi ke ruangan – ruangan para kelayan. Agak takut pertamanya, tapi katanya mereka nggak liar. Cuma ada satu yang agak nakal namanya Nasrun, sukanya njawil - njawil gitu. Tapi kita disaranin, asal digertak Nasrun nggak bakal ganggu. Oke, kita jadi nggak takut – takut banget.

Nggak lama habis itu, kita turun buat makan. Kita makan rames yang harganya Rp 2.000, 00 . Di sini makanan masih murah, isinya banyak lagi. Rasanya juga enak, lumayan banget lah pokoknya. Kita juga beli es teh. Habis kita makan, sebenernya waktu buat ngasih makan para kelayan. Tapi kita dikasih pengarahan sama pegawainya sana. Sebenernya kita selesai kerja jam 12 dan udah nggak nglakuin apa – apa lagi. Tapi nggak tau kenapa, kita tetep pulangnya disuruh jam 2 siang. Udah jadwalnya gitu. Jadinya kita nunggu dulu sampe jam 2 itu. Sambil nunggu, kita sekalian sholat.

Pulangnya, di jalan motornya Leila bocor gara – gara kena paku. Kita nungguin Leila bentar buat nambal ban sambil beli es tung – tung. Trus habis itu, kita pulang. Ternyata, panti karya yang isinya orang psikotik semua, nggak seburuk yang kita bayangin. Paling nggak sekarang kita udah berkurang takutnya. Cuma satu yang kita masih agak nggak siap sampe saat ini, mandiin mereka.

Pelajaran Hidup #1 :
1. Hari ini pandangan kita sedikit berubah tentang orang gila, ternyata nggak semuanya liar. Dari yang takut banget sama yang namanya orang gila, kita jadi lumayan nggak takut.
2. Jangan selalu menjudge sesuatu dari luarnya aja. Misal orang gila. Rasain dulu, hidup di antara mereka itu kayak gimana. Nggak seburuk yang kita bayangin kok. Nggak bakal ketularan gila nggak. Asal kita siap mental sama jangan takut. Justru, hidup di antara mereka kita bakal bersyukur banget hidup normal.
3. Semangat! Mungkin awalnya shock waktu tau kita ditaro di panti orang gila,  tapi kita juga belum tau apa yang bakal terjadi selanjutnya. Bisa bagus bisa nggak. Coba aja semangat dulu. Kali aja dengan semangat, jalan kita jadi mulus - mulus aja, bahkan menyenangkan.
4. Positif thinking. segala hal baik (+) atau buruk (-) itu tergantung dan berasal dari pikiran kita juga. Jadi mending positif thinking dulu deh ..

Sementara itu dulu ...

to be continued ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar