Sabtu, 04 Desember 2010

Taktik "Sok Stay Cool" di Saat Tes

Bismillahirrahmanirrahim, semoga nggak ada guru atau murid wadulan yang baca ini. Bukannya takut sih, tapi antisipasi aja. Jadi buat yang mau baca ini berjanjilah nggak bakal ember. Woke?!! WAJIB, tau artinya?? saya tekankan bahwa wajib itu dapet pahala kalo dilakukan, dan BERDOSA kalo dilanggar,jadi ati - ati. Aku cuma pengen berbagi pengalaman aja di sini.

........

Biasanya murid takut kebagian duduk di baris depan waktu tes, tapi kalo emang udah takdirnya duduk depan yaudah mau gimana lagi, harus belajar ngentheng deh. Soalnya mesti gerak gerik nya jadi nggak bebas kalo mau curang. Mati gaya gitu deh. Ya sebenernya bagus sih, jadi bikin lebih semangat belajar dan jadi jujur. Tapi itu buat beberapa orang, nggak semuanya gitu (contohnya aku,hehe). Apalagi kalo lagi kepepet, bukannya ngajari jelek, tapi ini udah lumrah, butuh juga kerjasama. Naa aku punya beberapa taktik buat anak - anak yang duduk depan, terutama yang duduk pojok kayak aku (jadi lebih gampang), nggak ada maksud ngajari jelek, cuma mau bantu aja buat yang kepepet, mungkin bisa bantu, atau mungkin beberapa anak juga pake cara yang sama kayak aku. Ya intinya aku cuma mau berbagi pengalamanku..

Taktik "Sok Stay Cool" di Saat Tes Buat Anak Depan Pojok:
  1. Pertama pilih posisi yang pewe, buat anak pojok duduknya rada nglendet aja, jadi buat nengok lebih gampang. rada mepet belakang juga. mempermudah pokoknya, dan juga kalo mau tanya duduknya rada lebih belakang dibanding temen sebangku, paling nggak kepalanya temen sebangku bisa nutupi mimik muka kita, sama mulut kita yang komat kamit lagi tanya jawab.
  2. Siapin nomer berapa aja yang mau ditanyain, ditulis dulu soal nomer brapa aja. Siapkan kerangka contekan.
  3. Jangan tunjukin tampang panik waktu mau tanya, tampang sok stay cool aja. be calm. Jangan grusa - grusu. Tunjukin tampang - tampang kalo kamu itu bisa jawab, tampang sok pinter juga boleh, biar guru pengawas nggak curiga kalo kamu anak nyontekan. Nah pandangan pertama pengawas kan udah bagus, oke lanjut tahap selanjutnya.
  4. Selalu lah kita harus waspada, guru pengawas lagi ngliatin deretan kita apa nggak. wah apalagi guru killer ni, ati - ati aja. pokoknya selalu waspada. waktu mau nengok, pastiin tu guru nggak ngliatin kita. Bagus lagi kalo sebelahnya kita bisa nutupin kita.
  5. Waktu nengok dan lagi tanya ekspresi wajah datar kalo perlu, jangan tunjukin tampang - tampang orang lagi tanya atau butuh jawaban banget, inget cuma buat bikin pengawas nggak curiga. ngomong ekspresinya datar aja,sebutin nomer berapa yang mau ditanyain dengan ekspresi datar. Bisa juga pake ditutupin soal muka kita, tapi pegangnya sok - sok lagi baca soal, atau ngoreksi gitu. Tapi kalo emang lagi aman banget, ada saatnya kita ekspresif juga nggak papa, apalagi kalo temen kita nggak mudeng yang kita omongin. Boleh juga kalo lagi tanya atau njawab, sok sok lagi mikir sambil komat - kamit, padahal kita lagi tanya atau njawab temen kita. yang paling penting sebelumnya pastiin temen kita ngliat kita dan tau kita mau tanya.
  6. Habis dapet jawaban jangan langsung mbunderi, pelan - pelan aja, sambil ngoreksi lagi baca soal. dititiki dulu aja, biar pengawas nggak curiga. nah kalo udah, baru dibunderi. senatural mungkin lah, pokoknya bentuk - bentuk kita jangan kayak anak nyontekan.
  7. Kalo ada saat - saatnya hampir ketauan, sok - sokan aja nglakuin hal yang wajar - wajar. Ini beberapa yang pernah aku lakuin...
    • waktu pengawas hampir ngliat ke kita,pas posisi kita lagi pegang soal rada tinggi gara - gara mau nyontek, kibatin aja tu soal. senatural mungkin deh pokoknya. pokoknya ekspresi kayak lagi baca soal.
    • waktu ngasi jawaban ke temen, pake jari bisa sambil sok - sok ngetuk - ngetuk kursi, atau megang muka, senatural mungkin lah.
    • bisa juga pake caraku, kalo mau tanya atau mastiin guru pengawas yang di belakang lagi ngliatin kita apa nggak, sok - sok muter - muter badan yang krek - krek kayak ngilangin pegel di punggung (tau kan maksudku?). bisa tu dipake, tampang harus "sok stay cool".
    • waktu tanya ato ngasi jawaban juga bisa pake cara sok - sok ngolet.
    • yaaa lakuin aja gerakan - gerakan naturalmu yang biasa kamu lakuin, sambil ngupil juga boleh, utik - utik kuping atau garuk - garuk kepala juga boleh. tapi itu buat naturalnya orang yang biasa jorok, kalo nggak jorok nggak usah maksa gitu deh, pake cara naturalmu sendiri.
    8. Ini buat posisi temen temen yang mau kita tanyain dimananya kita...
  • Kalo temen kita di belakang kita tulis aja nomer yang mau kita tanyain di soal, jadi lebih gampang tanyanya, dan nggak butuh mangap - mangap waktu tanya. Ngasi jawaban juga bisa pake nulis di soal.
  • Kalo temen kita di sebrang persis wah lebih gampang tanyanya, nggak usah ditanya caranya gimana.
  • Nah kalo buat temen kita yang jauh - jauh, nengok aja, pilih dan tanyalah ke temen yang respon atau nyadar kalo kita mau tanya, buat ekspresi pake ekspresi "sok stay cool", buat lengkapnya baca yang atas - atas tadi, kalo masi nggak puas atau nggak mudeng caranya tanya aku langsung juga boleh,hehe
    9. Ya, intinya gitu deh. yang aku inget saat ini baru atau cuma itu, kalo inget lagi kapan - kapan aku posting lagi.

P.S : Ini cuma berbagi pengalaman aja, nggak ada niatan ngajari jelek. Cuma membantu buat orang - orang yang kepepet dan duduk di depan. demi kebaikan bersama. Yang butuh bantuan cara akting , bisa ikut teater atau minta ajari anak teater aja >> aku, :) .
Inget! jangan lupakan ekspresi "sok stay cool"...

_sekian_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar